Harga Dan Spesifikasi Mobil ISUZU D-MAX RODEO Terbaru 2013




HARGA

ISUZU D-MAX RODEO M/T 3.0   Rp.374.500.000
*) Estimasi harga on the road 2013 dan locco jakarta.

*) Harga dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


SPESIFIKASI
Dimensi
Panjang Keseluruhan 5295 (mm)
Lebar Keseluruhan 1860 (mm)
Tinggi Keseluruhan 1785 (mm)
Jarak Terendah 225 (mm)
Jarak Poros Roda 3095 (mm)
Jarak Pijak Roda Depan - (mm)
Jarak Pijak Roda Belakang - (mm)
Seating Capacity 5 (person)
Front Axle Capacity 1350 (kg)
Rear Axle Capacity 1870 (kg)

Mesin
Model/Tipe 4JJ1-TC
Sistem injeksi bahan bakar "Common-rail engine, Electronic controlled fuel injection pump with Intercooled turbo charger"
Isi silinder 2.999 (cc)
Tenaga maksimum 136 / 3400 (PS/rpm)
Torsi maksimum 30 / 1400-3000 (Kgm/rpm)
Garis tengah x langkah 95.4 x 104.9 (mm)
Kapasitas Tangki 76 (liter)

Berat
Curb Weight (berat kosong) 1905 (kg)
Gross Vehicle Weight (berat total) 2800 (kg)

Transmisi
Model MUA-5H
C -
gigi 1 4.008
gigi 2 2.301
gigi 3 1.427
gigi 4 1.000
gigi 5 0.745
gigi 6 -
gigi 7 -
gigi 8 -
Rev 3.651
Final Gear Ratio 4.300

Sumber :www.isuzu-astra.com


Harga Dan Spesifikasi Mobil ISUZU PANTHER GRAND TOURING Baru 2013






HARGA
ISUZU PANTHER GRAND TOURING   Rp.273.500.000


SPESIFIKASI

Dimensi
Panjang Keseluruhan              4535 (mm)
Lebar Keseluruhan              1770 (mm)
Tinggi Keseluruhan              1920 (mm)
Jarak Terendah -                         (mm)
Jarak Poros Roda              2685 (mm)
Jarak Pijak Roda Depan      1480 (mm)
Jarak Pijak Roda Belakang    1455 (mm)
Seating Capacity              7         (person)
Front Axle Capacity -                 (kg)
Rear Axle Capacity -                 (kg)

Mesin
Model/Tipe 4JA1L with Turbocharger
Sistem injeksi bahan bakar   Diesel Direct Injection
Isi silinder                                   2499 (cc)
Tenaga maksimum                   80/3,500 (PS/rpm)
Torsi maksimum                   19.5/1,800 (Kgm/rpm)
Garis tengah x langkah           93x92 (mm)
Kapasitas Tangki                   55 (liter)

Ban & Velg
Ukuran ban  235/70/R15
Bahan            Alloy Wheel
Ban Depan Bridgestone
Ban Belakang Bridgestone

Lain-Lain
Kursi supir sliding dan terpisah dengan kursi penumpang
Seat belt -
Accu - (V-AH)
Altertnator - (V-A)
Kapasitas Tangki 55 (liter)
Max. Gradeability - (%)
Max. Speed - (Km/h)
Clutch Size - (mm)

Berat

Curb Weight (berat kosong) - (kg)
Gross Vehicle Weight (berat total) 2170 (kg)

Transmisi
Model MSG5K
C -
gigi 1 4.122
gigi 2 2.493
gigi 3 1.504
gigi 4 1.000
gigi 5 0.855
gigi 6 -
gigi 7 -
gigi 8 -
Rev 3.720
Final Gear Ratio 4.300

Sumber : www.isuzu-astra.com

Harga Dan Spesifikasi Mobil ISUZU ELF NKR 55 MICROBUS Baru 2013



ISUZU ELF
NKR 55 MICROBUS   Rp.279.500.000
*) Estimasi harga on the road 2013 dan locco jakarta.

*) Harga dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Spesifikasi

Dimensi
Panjang Keseluruhan 4590 (mm)
Lebar Keseluruhan 1695 (mm)
Tinggi Keseluruhan 2127 (mm)
Jarak Terendah 190 (mm)
Jarak Poros Roda 2490 (mm)
Jarak Pijak Roda Depan 1425 (mm)
Jarak Pijak Roda Belakang 1405 (mm)
Seating Capacity 16 (person)
Front Axle Capacity 1015 (kg)
Rear Axle Capacity 1085 (kg)

Mesin
Model/Tipe 4JB1-TC
Sistem injeksi bahan bakar -
Isi silinder 2771 (cc)
Tenaga maksimum 101/3400 (PS/rpm)
Torsi maksimum 22.5/2000-3200 (Kgm/rpm)
Garis tengah x langkah 93 x 102 (mm)
Kapasitas Tangki - (liter)
Ban & Velg

Ukuran ban
Bahan -
Ban Depan 225/75/R16
Ban Belakang 225/75/R16

Transmisi
Model MSB5M
C -
gigi 1 5.594
gigi 2 2.814
gigi 3 1.660
gigi 4 1.000
gigi 5 0.794
gigi 6 -
gigi 7 -
gigi 8 -
Rev 5.334
Final Gear Ratio 5.857

Harga Mobil Mitsubishi FUSO Terbaru 2013




HARGA

FM 517 HS (4x2)         Rp 450.000.000,00
FN 517 ML2 (6 x 2) Rp 562.000.000,00
FN 527 MS (6x4)         Rp 663.000.000,00
FN 527 ML (6X4)         Rp 675.000.000,00
FM 517 HL (4x2)         Rp 477.000.000,00
FN 617                         Rp 599.000.000,00

FN 627                         Rp 735.000.000,00


KEMAMPUAN
Kecepatan Maksimum(km/jam) 111
Radius putar minimum(m)                 9.2
Daya Tanjak (tan Ø)                         37

BERAT
Berat chassis termasuk kabin (kg)         4,350
Gross Vehicle Weight (GVW)                 14,030

RODA
Ban Tunggal,                      9.00 - 20 - 14 PR / Ganda,
Velg                                    7.00 x 20 - 162 - 12t,8 stud


MESIN
Isi silinder (cc)                                        7,545
Diameter x Langkah (mm x mm)       118 x 115
Daya Maksimum( PS/rmp )               220 / 2.800
Tordi Maksimum( kgm/rpm )               65 / 1.400


TRANSMISI
Model                                                  M8S6
Perbandingan gigi                                  7.184 - 4.506 - 2.690 - 1.621 - 1.0

REM
Rem Kaki (Service brake)                 Air over hydraulic dengan sirkuit g
Rem Tangan (Parking brake)                 internal expand type pada propeller
Rem Pembantu (Auxiliary brake)         Sistem pengereman gas buang (Exhaus
Accu                                                 2 x 12 volt, 65 Ah pada rata - rata
Kapasitas Tangki Solar(litre)                 200

Sumber :www.ktb.co.id

Harga Mobil Mitsubishi Colt Diesel Baru 2013



HARGA 

FE 71                         Rp 188.900.000,00
FE 71 BC 110 PS         Rp 183.400.000,00
FE 73 110 PS                 Rp 216.800.000,00
FE 73 HD 110 PS         Rp 226.200.000,00
FE Super HD 136 PS Rp 243.400.000,00
FE 74                         Rp 212.900.000,00
FE 74 S                         Rp 232.900.000,00
FE 74 HD 125 PS         Rp 232.200.000,00
FE 83 BC 110 PS         Rp 231.200.000,00
FE 84                         Rp 239.800.000,00
FE 84G BC 136PS         Rp 246.100.000,00
FE 84G HD-L 136 PS Rp 257.800.000,00

FE 71L                         Rp 198.900.000,00

SPESIFIKASI

BERAT
Berat chassis termasuk kabin (kg) 2,055

Gross Vehicle Weight (GVW)          5,200

RODA
Ban 7.50 - 15 - 12PR
Velg 15 X 5.50F-50-4.5t, 6 stud, 2 piece

MESIN
Isi silinder (cc) 3,908
Diameter x Langkah (mm x mm) 104 X 115
Daya Maksimum( PS/rmp ) 110 / 2,900
Tordi Maksimum( kgm/rpm ) 28 / 1,600

TRANMISI
Model M025S5
Perbandingan gigi 5.181 - 2.865 - 1.593 - 1.000 - 0.7
Kopeling Hydraulic control single dry plate

REM 
Rem Kaki (Service brake) Hydraulic with vacuum servo assistance, dual circuit
Rem Tangan (Parking brake) Internal expanding type at rear of transmission
Rem Pembantu (Auxiliary brake) Exhaust brake
Accu 24 V, 60 AH (N50Z)
Kapasitas Tangki Solar(litre) 100


Sumber :www.ktb.co.id

Harga Mobil Pick Up Mitsubishi Colt T120SS Baru 2013


HARGA
Pick Up Standard                  Rp 83.500.000,00
Pick Up Flat Bed                   Rp 83.800.000,00
Pick Up WD 3 Ways              Rp 85.800.000,00
Chassis T120ss 1.5 MPI Rp 80.100.000,00

Spesifikasi

Interior
MItsubishi T120ss dengan kabin yang luas dan nyaman, meter analog dengan tachometer.

Eksterior
Mitsubishi T120ss standard deck, cocok untuk mengakut berbagai keperluan. Ekonomis dan menguntung. Mengangkut barang yang berat tetap stabil dimedan berliku sekalipun.

Kehandalan
Mitsubishi T120ss didukung mesin tipe 4G15 dengan Standard Euro2, mampu menghasilkan tenaga optimal 86 PS namun irit bahan bakar, lebih ekonomis dan ramah lingkungan

ENGINE TYPE

Model/Tipe                        4G15 - 12 Valve (4 Cyl. 4 Stroke)
Isi Silinder                               (cc) 1.468
Diameter x Langkah                (mm x mm) 75,5 X 82,0
Daya Maksimum                     (PS/rmp) 86/5.750
Torsi Maksimum                     (kgm/rpm)) 12.3/3.750
Sistem Bahan Bakar

TRANMISI
Tipe 5 kecepatan maju, 1 mundur
Gigi 1 3,579
Gigi 2 2,094
Gigi 3 1,530
Gigi 4 1,000
Gigi 5 0,855
Gigi 6
Perbandingan Gigi Mundur 3,727
Perbandingan Gigi Akhir 4,875

REM
Rem Tangan (Parking Brake) Ventilated Disc
Rem Kaki (Service Brake) Drum, Leading & Trailing


Sumber :www.ktb.co.id

Harga Mobil KIA Picanto Baru 2013

  



  Harga All New Picanto SE
M/T Rp. 136,500,000,-
A/T Rp. 150,500,000,-



Kendali otomatis kontrol suhu

Sebuah sistem kontrol iklim otomatis menambah perasaan Picanto tentang breeziness, membiarkan cahaya dan menjaga Anda tetap dingin atau hangat, tergantung pada cuaca.

Displacement : 1,248 cc
Max. Power : 87 ps @ 6,000 rpm
Max. Torque : 12.2 kg·m @ 4,000 rpm

Dimensions (mm)

Picanto
Overall length3,595Overhang (Front)700Leg room (Rear)820
Overall width1,595Overhang (Rear)510Head room (Front)1,002
Overall height1,490Interior length1,729Head room (Rear)962
Wheelbase2,385Interior width1,335Shoulder room (Front)1,290
Wheeltread (Front)1,421Interior height1,247Shoulder room (Rear)1,280
Wheeltread (Rear)1,424Leg room (Front)1,070Min. ground clearance152

Harga Mobil KIA All New Sportage Terbaru 2013

Harga mobil Kia Sportage Terbaru . bagi anda yang belum tahu harga mobil Kia ini Liat Spesipikasinya dan Harga di bawah ,apalagi buat anda yang mau membelinya Wajib Baca dulu,,hehe

Harga  All New Sportage
M/T (Ring 17) Rp. 275,500,000,-
LX M/T (Ring 17) Rp. 275,500,000,-
LX A/T (Ring 18) Rp. 294.500.000,-

Transmisi canggih

Pilih salah satu 5-speed (2.0 liter versi bensin saja) atau 6-speed manual atau 6-speed otomatis transmission.The gigi keenam menambah dimensi ekstra untuk jelajah, sedangkan pergeseran sistem kunci auto otomatis mencegah percepatan yang tidak diinginkan.

Ventilasi kursi pengemudi

Hembusan udara melalui sandaran dan bantal kursi, kursi pengemudi ventilasi yang memaksimalkan kenyamanan berkendara.


Kursi 8-way power adjustable pengemudi memungkinkan Anda menyesuaikan posisi Anda mengemudi ke pengaturan yang sempurna.

Panorama sunroof


The semua kaca panoramic sunroof beroperasi dengan tilt dan efisiensi slide, sementara yang menampilkan built-in mekanisme keamanan untuk mencegah berkeliaran tangan dari terjebak.


New Honda Brio Model Terlaris di Bulan November



Jakarta, 1 November 2013 – New Honda Brio berhasil menjadi model terlaris penjualan Honda di bulan Oktober 2013 dengan total penjualan sebesar 2.613 unit. Selain New Honda Brio, model lainnya seperti New Honda Jazz, New Honda Freed, dan All New Honda CR-V menjadi empat besar penjualan terbesar Honda di bulan Oktober 2013.

New Honda Jazz berhasil terjual sebesar 1.965 unit, diikuti dengan New Honda Freed dengan angka penjualan sebesar 1.412 unit, dan All New Honda CR-V dengan angka penjualan 1.336 unit.

Produk Honda lainnya juga berhasil mencatat penjualan dengan baik. New Honda City berhasil terjual sebanyak 125 unit meningkat dari bulan sebelumnya yang tercatat sejumlah 30 unit, diikuti All New Honda Accord yang mencatat angka penjualan sebanyak 107 unit, All New Honda Civic yang terjual sebanyak 32 unit, dan Honda CR-Z sebanyak 39 unit meningkat dari 3 unit di bulan sebelumnya.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Penjualan Honda di bulan Oktober 2013 tetap memperlihatkan kontribusi yang baik, terutama dengan produk-produk baru Honda yang semakin terjangkau oleh konsumen, seperti New Honda Brio. Selain itu semua produk juga mengalami tren penjualan yang positif, dan diharapkan dapat berlanjut hingga akhir tahun nanti”

Secara total, Honda berhasil menjual 7.629 unit mobil sepanjang bulan Oktober 2013.Secara Jumlah tersebut menambah penjualan Honda di sepanjang tahun 2013 ini menjadi 77.239 unit di Indonesia.

Info Klub Mobil Ertiga Indonesia



Ertiga Mania Jawa Timur
Sekretariat
Jl. Jagir Sidoresmo 1/20 Wonokromo Surabaya Jawa Timur
Facebook
http://www.facebook.com/groups/110985585723078/

Ertiga Mania Jawa Tengah (Solo, Semarang) :
Sekretariat
Jl. Kasuari 3 No 2 Manahan Tirtoyoso RT04/13 Surakarta Jateng
Facebook
http://www.facebook.com/groups/ertigamania.jateng/

Ertiga Mania Cirebon :
Sekretariat
Jl. Perum Taman Kapuk Permai Blok H No 164 Kedawing Cirebon
Facebook
http://www.facebook.com/groups/546816428669803/#!/groups/ertigamania.cirebon/

Ertiga Mania Sumbar :
Sekretariat
Jl. MH Thamrin Kav. 1/5 Padang Sumatera Barat
Facebook
http://www.facebook.com/groups/546816428669803/

Ertiga Mania Medan :
Sekretariat
Jl. Jend. gatot Subroto No 140 Medan Sumut
Facebook
http://www.facebook.com/groups/ErtigaManiaMedan/

Ertiga Mania Bontang :
Sekretariat
Jl. Gunung Wilis No 22 BSD Komp Perum PKT Bontang Kaltim
Facebook
http://www.facebook.com/groups/ertiga.mania.chapter.bontang/

Ertiga Mania Sumsel :
Sekretariat
Jl. Jl Swadaya 223F Palembang
Facebook
http://www.facebook.com/groups/432439930149371/

Ertiga Mania Lampung :
Sekretariat
Jl. Link. IV Mulyo Asri Kec Tulang Bawang Tengah Kab Tulang Bawang Barat Lampung
Facebook
http://www.facebook.com/groups/ertigamania.lampung/

Ertiga Mania Indonesia
Forum : http://ertigamania.web.id/forum/
web : http://www.ertigamania.web.id/
Milis : http://ertigamania@yahoogroups.com
Facebook : http://www.facebook.com/groups/ERTIGAMANIA.INDONESIA/

Ertiga Club Indonesia
Official Website : www.ertigaclubindonesia.org
Forum : www.ertigaclubindonesia.org/forum
Mailing List : http://autos.groups.yahoo.com/group/id-ertiga
Fanpage Facebook : Ertiga Club Indonesia
Facebook Group : http://www.facebook.com/groups/ertigaclubindonesia
Twitter : @ertiga_ID
Email : ertiga.indonesia@gmail.com

SERVICE GRATIS Untuk Mobil ERTIGA Hingga 70.000 KM



SERVICE GRATIS Untuk Mobil Ertiga  Hingga 70.000 KM

PT Suzuki lndomobil Sales membuat program gratis jasa service sampai dengan 70.000 km atau sampai dengan 42 bulan (mana yang tercapai terlebih dahulu ) hanya bagi pelanggan yang membeli unit Ertiga periode 16 Agustus 2013 sampai dengan 31 october 2013. Program ini berlaku di Bengkel Resmi Suzuki seluruh lndonesia.

Bagi pelanggan yang melakukan perbaikan di kelipatan 5.000 Km seluruh biaya perbaikan ( Jasa, material, oli dan spare part ) menjadi tanggung jawab pelanggan. Program gratis jasa servis sampai dengan 70.000 Km berlaku hanya pengerjaan servis berkala saja sedangkan untuk material, oli, spare part. Pekerjaan diluar service berkala menjadi beban pelanggan.

Adapun keuntungan yang didapat pelanggan adalah sebagai berikut :
1. Gratis Jasa Perbaikan hingga 70.000 km untuk kelipatan 5000, 10.000, 20.000, 30.000, 40.000, 50.000, 60.000, 70.000 sedangkan untuk kelipatan 1000 km bebas biaya jasa dan spare parts
2. Gratis layanan darurat*
3. Gratis Derek *
4. Menjaga harga jual kendaraan tetap tinggi dengan selalu melakukan perawatan secara berkala.


Cara perawatan busi Motor

Berikut ini Tips atau Cara perawatan busi untuk motor anda.



Periksalah busi 1.000 km pertamadan setiap 3.000 km selanjutnya. Ganti busi setiap 6.000 km

  • Mengabaikan perawatan busi akan mengakibatkan mesin sukar dihidupkan dan berkurang tenaganya.
  • Bila busi digunakan dalam waktu yang cukup lama, elektroda sedikit demi sedikit akan aus terbakar dan akan terjadi endapan arang di sekitar bagian dalam busi.
  • Sesuai jadwal perawatan berkala, busi harus dikeluarkan untuk diperiksa, dibersihkan dan disetel jarak celah busi.
  • Penimbunan arang di dalam kepala busi menghalangi percikan bunga api dan mengakibatkan gangguan pembakaran.
  • Bersihkan arang busi secara berkala.


Bila elektroda bagian tengah aus sama sekali, maka busi harus diganti dan celahnya disetel dengan menggunakan alat ukur ketebalan (tickness gauge).

Tips :
1. Periksa kondisi pembakaran pada busi. Bila tidak normal ganti sesuai spesifikasi.
2. Kencangkan busi dalam kepala cylinder sesuai dengan kekencangan yang telah ditentukan.

Cara Mengatasi Mobil Mogok



Tips Mengatasi Mobil Mogok

1.Parkir Kendaraan pada tempat yang aman dan datar. 

2.Nyalakan Lampu Hazard. 

3.Pasang Tanda Segitiga Pengaman. 

4.Tunggu hingga Temperatur Mesin dingin, kemudian periksa Kendaraan dari beberapa gejala kerusakan sebagai berikut : 



  •  Mesin Panas (Overheat)

Kemungkinan penyebabnya adalah Air Radiator kurang/habis, Tali Kipas kendur/putus dan Motor Kipas (Radiator/AC) tidak berfungsi. 
Jika Air Radiator kurang/habis, periksa gejala kebocoran pada Radiator, Selang Radiator dan Sistim Pendingin lainnya pada Mesin. 
  • Lampu Indikator Oli Menyala.

Kemungkinan penyebabnya adalah Oli Mesin kurang. Tarik Stick Oli Mesin dan periksa atau tambahkan Oli hingga mencapai diantara Tanda Full & Low. 

  • Lampu Indikator Aki Menyala. 

Kemungkinan penyebabnya adalah Tali Kipas kendur/putus, Sikring putus, Kabel Aki kendur, Alternator/Aki rusak. 

  • Kopling Aus/Slip

Gejala yang timbul biasanya Kendaraan tidak dapat berjalan cepat atau kondisi menanjak tidak kuat yang disertai dengan adanya bau tidak enak (Kopling hangus).

  •  Rem Macet.

Gejala yang timbul biasanya Kendaraan terasa berat/tidak bisa berjalan, Tromol dan Velg Roda panas.
Rem macet bisa juga mengakibatkan Kopling Aus/Slip.

Persiapkan dengan baik kondisi Anda sekeluarga dan siapkan keperluan lainnya seperti Kotak P3K, Lampu Senter, Tambang, Sikring, Minyak Rem & Oli Mesin Cadangan, dsbnya.

Sumber : www.suzuki.co.id

Penyebab Air aki Mobil sering berkurang



Apakah anda terlalu sering menambah jumlah air aki mobil anda? Itu berarti ada yang tidak beres dengan aki mobil anda. Tanda-tandanya jumlah air aki mobil anda lebih cepat habis jika dibanding jumlah air aki mobil teman anda. Berikut ini beberapa penyebabnya :

Ada kebocoran pada aki Apabila terdapat keretakan pada kotak aki maka air aki akan merembes ke luar. Dalam hal tersebut aki harus diganti atau direparasi.

Aki dimuati melebihi batas. Hal ini karena penyetelan regulator tegangan kurang tepat sehingga pemuatan melampaui batas. Jika ini terjadi maka air aki akan menjadi panas sehingga air aki akan meluap dan mengalir ke luar melalui tutup-tutup aki. Dengan demikian maka air aki akan cepat berkurang dengan cepat. Disamping itu, lampu-lampu akan cepat mati dan kontak-kontak pemutus arus yang ada dalam distributor akan cepat menjadi kasar. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kirimkan kendaraan anda ke bengkel untuk diperbaiki.

Cara Mengatasi masalah pada mesin Mobil



Cara Mengatasi  masalah pada mesin Mobil 
Mencari masalah dari kerusakan bagaikan membangun sebuah rumah. Kita tidak akan dapat membangun dinding atau atap, tanpa membuat fondasi yang kuat terlebih dahulu. Kecanggihan dan kehandalah mesin mobil dewasa ini, yang hampir-hampir tak memerlukan perawatan memang membuat kita terkadang lengah terhadap hal-hal kecil. Untuk melacak masalah yang lebih kompleks sifatnya, sebaiknya kita tahu syarat-syarat dasar bekerjanya sebuah mesin mobil. Ada tiga hal mendasar yang perlu kita periksa untuk merunut masalah pada mesin mobil.

1.      Aliran udara

2.      Aliran bahan bakar

3.      Api (kelistrikan)

Jika salah satu dari ketiga unsur ini terganggu maka mesin tidak akan dapat hidup.




  • Aliran udara


Memeriksa sistim aliran udara (air intake) tidak terlalu sulit. Pertama-tama yang perlu diperiksa adalah saringan udara. Di kebanyakan mesin mobil saringan udara terletak dalam kompartemen yang terpasang di bagian atas mesin. Buka penutupnya, lepaskan filter udara dan periksa dengan cara menerawangkannya ke sumber cahaya. Jika tidak tembus, maka sudah saatnya filter udara diganti.

Hal lain yang perlu diperiksa adalah saluran atau pipa yang menghubungkan saringan udara ke intake manifold. Saluran ini biasanya terbuat dari bahan campuran karet yang diperkuat. Faktor usia, getaran dan panas mesin dapat menyebabkan kerapuhan, keretakan, hingga sobekan. Kebocoran yang terjadi di saluran ini dapat menyebabkan udara masuk tanpa melalui kontrol komputer. Akibat dari tidak terkontrolnya udara masuk, adalah tidak tercapainya campuran ideal antara bahan bakar dan udara.

  • Aliran bahan bakar


Dalam sistim aliran bahan bakar, filter merupakan titik terlemah dari seluruh rangkaian. Filter bahan bakar sering menjadi penyebab terjadinya gangguan mesin yang bahkan tidak kita duga sebelumnya. Dalam beberapa kasus, gangguan mesin berupa hilangnya tenaga mesin atau tersendat-sendat, maka hal pertama yang sebaiknya kita lakukan adalah memeriksa filter bahan bakar. Ini adalah hal yang sederhana dan mudah kita lakukan, tetapi bisa sangat manjur dalam mengatasi masalah. Jika mobil tidak dapat di starter, periksa accu. Banyak fuel pump yang tidak dapat bekerja ketika voltage turun dibawah 10 volt. Oleh karenanya tegangan accu harus cukup bagus. Periksa juga apakah sekering fuel pump putus.

  • Api (kelistrikan)


Dalam hal kelistrikan, banyak hal-hal sederhana yang bisa menimbulkan masalah. Banyak masalah mesin dapat diselesaikan dengan cara merunut sistim pengapian.

  1. Pertama distributor cap dan rotor, yang bekerja dalam kondisi panas dan voltase yang cukup tinggi. Periksa apakah ada keretakan atau patahan. Ujung rotor dapat terkikis oleh api listrik yang dihasilkan oleh voltase tinggi. Demikian pula bagian tengah elektroda.
  2. Kabel busi dapat pula menyebabkan masalah. Selain bekerja dalam suhu yang tinggi, kabel busi juga diberi muatan listrik dengan voltase yang sangat tinggi. Jika umurnya sudah cukup tua, kabel busi bisa retak. Jika di dekat retakan ada aliran listrik negative (ground) maka akan terjadi hubungan pendek (korslet). Selain mengurangi suplai listrik ke busi, hubungan pendek juga menghasilkan bunga api listrik, yang dapat menimbulkan kebakaran. Memeriksa keretakan yang mungkin terjadi pada kabel busi cukup sederhana. Menggunakan botol penyemprot, (seperti biasa digunakan untuk menyemprotkan pembersih kaca) semprotkan air pada kabel busi, Jika ada retakan pada kabel busi, maka akan terdengar dan terlihat adanya loncatan bunga api listrik ke ground. Pemeriksaan ini akan lebih mudah terlihat jika dilakukan pada malam hari. Pada kebanyakan kabel busi, di dalamnya terdapat inti karbon, yang setelah beberapa lama dapat retak dan menimbulkan celah. Hal ini dapat menimbulkan hambatan dalam menghantar listrik ke busi.
  3. Sistim kelistrikan berakhir pada busi yang berfungsi menciptakan bunga api untuk membakar campuran gas dalam silinder. Oleh karenanya perlu dijaga agar kerenggangan celah sesuai dengan anjuran pabrik serta bersih dari kerak.
Sumber : www.suzuki.co.id

Tips Menghadapi Banjir Bagi Pengemudi Mobil



Hal utama yang harus dilakukan bagi pengendara kendaraan roda empat apabila datangnya musim penghujan yaitu mengikuti informasi mengenai area atau wilayah mana yang berpotensi adanya banjir sehingga dapat mengatur perjalanan dengan menghindari area atau wilayah tersebut.

Namun apabila perjalanan benar-benar diperlukan, ada baiknya pengemudi memperhatikan beberapa tips untuk menghadapi situasi banjir di jalan, sebagai berikut: 
  • Jangan mengemudi melewati area banjir kecuali benar – benar diperlukan dan mengetahui kondisi ketinggian banjir tersebut. 
  • Segera putar balik dan cari rute lainnya.
  • Bila tidak ada rute lain cari tempat yang lebih tinggi dan tunggu banjir hingga surut.
  • Pastikan tidak melewati kedalaman air yang lebih dalam dari knalpot atau saringan udara kendaraan anda. Gunakan gigi 1 (manual) atau posisi L (automatic) dan jaga kecepatan perlahan (stabil) kendaraan anda saat melewati banjir. Jaga putaran mesin anda (jika perlu dengan memainkan kopling) untuk menghindari air masuk dari knalpot.
  • Jika air melebihi kedalaman tersebut sebaiknya jangan dilewati karena akan mengakibatkan air dapat naik ke lubang hisap udara (intake ) pada kendaraan yang dapat mengakibatkan kerusakan lebih banyak dan anda akan terjebak didalamnya.
  • Jika hal terburuk terjadi dan kendaraan anda mati biarkan kap mesin tertutup untuk menghindari air masuk lebih lanjut, segeralah keluar dan kunci kendaraan anda lalu cari tempat yang kering untuk berteduh.


Berikut adalah tips yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama bila kendaraan anda terkena banjir:

  • Segera lepaskan kabel negatif dan positif battery, hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek (korsleting) dari arus yang dapat merusak komponen elektrik didalamnya.
  • Jika memungkinkan untuk memindahkan kendaraan lakukan dengan cara mendorong, jangan coba-coba untuk menghidupkan mesin karena dapat menyebabkan adanya korsleting dan air banjir akan terhisap masuk kedalam mesin.
  • Segera non aktifkan rem parkir lalu gunakan batu atau masukkan transmisi ke gigi 1 (manual) atau posisi P (automatic) untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.
  • Periksa semua oli ataupun minyak, baik itu mesin, transmisi dan lainnya karena kemungkinan oli atau minyak tersebut sudah tercampur air. Jadi sebaiknya kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru.
  • Jika kendaraan anda masih memungkinkan untuk dikendarai segera dibawa kebengkel atau dealer terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena kendaraan yang sudah menggunakan ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.


Berikut adalah tips yang dapat digunakan pasca banjir:

  • Jika memungkinkan, anda dapat memarkir kendaraan anda dilokasi dengan permukaan yang miring. Hal ini akan memungkinkan air yang berada didalam kendaraan menumpuk disatu area sehingga dapat lebih mudah untuk membuangnya.
  • Keluarkan semua air dari dalam kendaraan sehingga dapat memulai proses pembersihannya. Untuk air yang sudah menyerap ke bagian karpet / kain anda dapat menggunakan handuk dan serbet untuk mengilangkan kelembabannya.
  • Buka semua pintu dan jendela dan biarkan mobil untuk kering sehingga dapat menghilangkan bau yang menetap karena  kejadian banjir tersebut walaupun tidak dapat menghilangkan sepenuhnya.
  • Periksa semua fungsi-fungsi dari kendaraan apakah ada masalah atau tidak ketika dikendarai seperti sistem drivetrain, kelistrikan, bahan bakar, suspensi dan perhatikan juga untuk interior kendaraan. 
  •  Periksa semua oli ataupun minyak, baik itu mesin, transmisi, gardan dan sistem rem karena kemungkinan oli atau minyak  tersebut sudah tercampur air. Jadi sebaiknya kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru.
  • Hubungi bengkel terdekat untuk pemeriksaan lanjutan karena kemungkinan mengalami kerusakan yang lebih.